Menumbuhkan Kecintaan Anak Terhadap Matematika

Tips Parenting : 15 Kalimat Untuk Meredakan Amarah Anak
April 10, 2017

Menumbuhkan Kecintaan Anak Terhadap Matematika

Apakah ada diantara Ayah dan Bunda yang tidak suka Matematika? Coba kita ingat-ingat sebenarnya apa yang menyebabkan kita tidak menyukai Matematika. Untuk sebagian orang, Matematika adalah mata pelajaran yang tidak disukai atau bahkan ditakuti di sekolah. Ada yang bilang gurunya galak, materinya memusingkan, tidak suka menghapal rumus, dll. Ketidaksukaan ini pada umumnya terus berlanjut dari usia SD, SMP, dan seterusnya bahkan hingga dewasa. Sebesar apapun ketidaksukaan kita pada Matematika, tetapi kita tidak akan pernah bisa menghindari Matematika sebab Matematika adalah bagian dari hidup kita. Hampir seluruh bidang kehidupan kita menggunakan konsep matematika baik musik, kesehatan, pendidikan, ekonomi, dll.

Adanya kecenderungan di atas dapat dihindari dengan memberikan pengenalan Matematika sedini mungkin, dengan cara yang sederhana dan menyenangkan. Montessori menyediakan tempat bagi anak-anak untuk dapat mengenal Matematika melalui konsep yang konkret sehingga pengenalan dini ini akan menjadi bekal yang dapat membuat anak percaya diri untuk mempelajari Matematika. Matematika yang dulu dikenal Ayah/Bunda adalah Matematika yang abstrak, sebagai contoh adalah perkalian. Dulu kita menghapal perkalian tanpa mengetahui jumlah angka pada perkalian secara konkret, ditambah tuntutan menghapal di depan kelas yang membuat anak semakin tertekan, sehingga akhirnya hapalan perkalian hanya dilakukan untuk memenuhi tuntutan guru tanpa dipahami manfaatnya oleh anak.

Di kelas Montessori, pengenalan Matematika dilakukan secara sederhana, konkret, dan menyenangkan. Montessori menciptakan alat untuk dapat memahami konsep angka, penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, ganjil-genap, desimal dan bahkan pecahan untuk membantu anak memahami konsep-konsep tersebut. Sehingga anak melihat secara real kuantitas yang dimaksud oleh simbol-simbol angka pada Matematika. Berikut adalah sebagian kecil alat-alat yang digunakan di kelas Montessori untuk memberikan pemahaman tentang Matematika pada anak.

  1. Sand Paper Numbers : Alat ini membantu anak mengenal bentuk angka dengan menggunakan indera perabanya.

  1. Number Rods and Cards: Alat ini membantu anak mengenal konsep angka sekaligus mengenal perbedaan panjang dan pendek

  1. Card and Counters: Alat ini membantu anak mengenal konsep angka sekaligus mengenalkan ganjil dan genap secara konkret

  1. Spindle Box: Alat ini mengenalkan konsep angka sekaligus menunjukkan secara konkret konsep angka nol

  1. Seguin Board B: Alat ini mengenalkan konsep puluhan secara konkret

Dengan mengenal Matematika dengan cara yang tepat, maka diharapkan tidak ada lagi anak-anak yang tidak menyukai Matematika, bahkan sebaliknya mereka akan menikmati setiap waktu yang digunakan untuk mengenal konsep Matematika baik di sekolah maupun di rumah. Akan tetapi Ayah dan Bunda tidak perlu patah semangat jika tidak memiliki alat-alat Montessori di rumah. Ayah dan Bunda dapat mengikuti program pendidikan di sekolah-sekolah Montessori, atau Ayah dan Bunda juga bisa membuat sendiri alat-alat tersebut dengan bahan-bahan yang sederhana dan dapat ditemukan di lingkungan sekitar. Selamat mencoba!

Please follow and like us:
20

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Follow by Email20
Facebook
Facebook
Instagram472